@phdthesis{UNY42176,
          school = {fakultas Teknik},
            year = {2016},
           month = {October},
          author = {Ibnu Nur Huda Wahyu},
           title = {PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN
SISTEM SCADA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMASI
INDUSTRI SMK N 2 DEPOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN
CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/42176/},
        abstract = {PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN
SISTEM SCADA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMASI
INDUSTRI SMK N 2 DEPOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN
CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING
Oleh :
Wahyu Ibnu Nur Huda
10501244020
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran
kontekstual (Contextual Teaching and Learning) menggunakan media
pembelajaran sistem SCADA dalam meningkatkan prestasi belajar siswa mata
pelajaran sistem SCADA kelas XI program keahlian Teknik Otomasi Industri SMK
N 2 Depok pada kompetensi dasar memahami perangkat keras sistem SCADA
dan memahami operasional sistem SCADA.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan
kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari tiga
pertemuan. Setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 29 siswa
kelas XI program keahlian Teknik Otomasi Industri SMK N 2 Depok.
Pengumpulan data menggunakan instrumen pretest dan posttest untuk
mengetahui peningkatan aspek kognitif, lembar observasi afektif untuk
mengetahui peningkatan aspek afektif siswa, lembar unjuk kerja dan jobsheet
untuk mengetahui aspek psikomotorik siswa. Analisis data yang digunakan
adalah statistik deskriptif.
Hasil penelitian ini diketahui bahwa setelah diterapkan model pembelajaran
kontekstual menggunakan media pembelajaran sistem SCADA, prestasi belajar
siswa mengalami peningkatan. Peningkatan dapat terlihat dari data nilai rata-rata
aspek afektif yang pada siklus I pertemuan pertama sebesar 46,92\% meningkat
pada siklus II pertemuan ketiga menjadi 83,71\%. Pada aspek kognitif pada
pretest siklus pertama nilai rata-rata siswa sebesar 53,85 meningkat pada
posttest siklus II menjadi 84,44. Pada aspek psikomotor nilai rata-rata siswa
siklus I sebesar 53,44 dan meningkat pada siklus II menjadi 82,75.
Kata kunci: penelitian tindakan kelas, pembelajaran kontekstual, prestasi belajar,
media pembelajaran, sistem SCADA.}
}