TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan merumuskan penerapan akomodasi pembelajaran bagi anak berkesulitan belajar membaca pemahaman di kelas III Sekolah Dasar Negeri Jagamangsan 1 Berbah, Sleman, Yogyakarta. Pertanyaan penelitian yaitu bagaimana penerapan akomodasi pembelajaran bagi anak berkesulitan belajar membaca pemahaman di kelas III SD Negeri Jagamangsan 1. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas, guru pendamping khusus, dan siswa kelas III SD N Jagamangsa 1. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian adalah analisis deskriptif kualitatif, menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan aspek akomodasi materi dan cara pembelajaran secara bertahap dengan pengulangan, pertanyaan dan jawaban secara langsung sangat membantu anak dalam memahami materi. Penerapan aspek akomodasi lingkungan belajar dengan tutor sebaya dalam kelompok kecil memudahkan anak memahami bacaan. Penerapan aspek akomodasi tuntutan dan waktu penjadwalan dengan memberikan waktu khusus pada anak berkesulitan belajar memudahkan dalam menyelesaikan tugas. Penerapan aspek akomodasi tugas dan penilaian kelas dengan menuliskan tugas atau pekerjaan di papan tulis memudahkan anak menulis tugas yang dikerjakan di rumah. Y1 - 2016/08/25/ A1 - Vivi, Istikanah PB - Universitas Negeri Yogyakarta AV - public TI - PENERAPAN AKOMODASI PEMBELAJARAN BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI JAGAMANGSAN 1 BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA M1 - skripsi ID - UNY42141 UR - http://eprints.uny.ac.id/42141/ ER -