%A Aji Nur Mustofa Tanjung %X Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengembangkan media pembelajaran video untuk kompetensi mengolah menu seimbang balita usia 3-5 tahun yang layak untuk diterapkan media sumber belajar, (2) mengetahui kelayakan media video pembelajaran untuk kompetensi mengolah menu seimbang balita usia 3-5 tahun di SMK N 3 Klaten yang layak untuk diterapkan sebagai media sumber belajar, (3) mengetahui efektifitas penggunaan video pada pencapaian kompetensi mengolah menu seimbang balita usia 3-5 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian Research And Development (RnD). Penelitian pengembangan ini adalah pengembangan Model ADDIE dengan 5 langkah yaitu: (1) analysis: menganalisis maslah, kebutuhan, tujuan dan mengumpulkan sumber, (2) design: menyusun kerangka struktur media, membuat sitemap media pembelajaran video, membuat naskah dan storyboard, (3) development: memproduksi video dan audio, memprogram materi, menyiapkan komponen pendukung, (4) implementation: menguji kelayakan dengan ahli media dan guru serta mengetahui efektivitas dengan menggunakan metode eksperimen desain one group pretest-posttest di kelas X Jasa Boga 1 dengan jumlah 32 siswa, yang kemudian dievaluasi, ditinjau kembali, revisi (5) evaluation: mengevaluasi hasil meliputi evaluasi formatif (ahli media dan guru ahli) dilanjutkan revisi dan sumatif untuk melihat efektifitas media pembelajaran dengan menghitung hasil dengan SPSS 16.0. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) pengembangan media pembelajaran video yang inovatif untuk SMK N 3 Klaten melalui tahapan analysis, design, development, implementation dan evaluation, (2) media pembelajaran video mengolah menu seimbang balita usia 3-5 tahun yang dikembangkan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran Ilmu Gizi berdasarkan validasi ahli media diperoleh hasil rata-rata presentase 100%, penilaian dari guru mata pelajaran diperoleh hasil rata-rata presentase 87,44%, (3) media pembelajaran video yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan tingkat pemahaman siswa dan hasil belajar Ilmu Gizi berdasarkan tes hasil belajar pada uji coba kelompok kecil, terjadi peningkatan rerata pretest 69,52% ke rerata posttest 79,12% mengalami kenaikan hasil rerata 13,8%. Hasil belajar siswa mencapai 81,25% siswa tuntas karena telah memenuhi KKM, hasil paired t-test menunjukkan pada α=5% bahwa thitung> ttabel dengan 24,31 > 2,039 dan nilai gain ternomalisasi yaitu g=0,43 tergolong sedang sehingga dapat dikatakan bahwa HO ditolak dan Ha diterima sehingga media pembelajaran video mengolah menu seimbang balita efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: pengembangan, pembelajaran mengolah menu seimbang balita usia 3-5 tahun, media pembelajaran video %L UNY42140 %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO PENGOLAHAN MENU SEIMBANG BALITA USIA 3-5 TAHUN UNTUK SISWA KELAS X PROGRAM STUDI JASA BOGA DI SMK N 3 KLATEN %I Fakultas Teknik %D 2016