relation: http://eprints.uny.ac.id/42135/
title: HUBUNGAN STATUS SOSIAL, ASAL SEKOLAH DAN TANGGAPAN  SISWA TERHADAP KOMPETENSI GURU DENGAN PRESTASI  BELAJAR DI SMK NEGERI 3 SALATIGA
creator: Tahrirudin, Tahrirudin
subject: Teknik Elektro
description: HUBUNGAN STATUS SOSIAL, ASAL SEKOLAH DAN TANGGAPAN  SISWA TERHADAP KOMPETENSI GURU DENGAN PRESTASI  BELAJAR DI SMK NEGERI 3 SALATIGA  Oleh:  Tahrirudin  NIM. 04501241009  ABSTRAK  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi status sosial, asal sekolah,  prestasi siswa dan kompetensi guru produktif kompetensi keahlian teknik  mekatronika, serta mencari hubungan status sosial, asal sekolah dan tanggapan siswa  terhadap kompetensi guru produktif dengan prestasi belajar kelas XII mekatronika di  SMK Negeri 3 Salatiga.  Penelitian ini merupakan penelitian ex-postfacto. Obyek penelitian adalah  siswa kelas XII mekatronika dan guru produktif kompetensi keahlian teknik  mekatronika di SMK Negeri 3 Salatiga. Sumber data diperoleh melalui angket yang  diisi oleh 97 responden dari seluruh siswa kelas XII mekatronika. Analisis data  menggunakan analisis deskriptif, Lambda (λa), korelasi product moment dan korelasi  ganda. Pengolahan data menggunakan bantuan program MS. Excell 2007 dan SPSS  17.0 for Windows.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kondisi status sosial siswa kelas  XII mekatronika SMK Negeri 3 Salatiga berdasarkan pekerjaan orang tuanya adalah  7,22% PNS, 52,58% wiraswasta, 16,49% petani dan 23,71% lain-lain. (2) Kondisi  asal sekolah siswa kelas XII mekatronika SMK Negeri 3 Salatiga berdasarkan  SMP/MTS baik negeri maupun swasta adalah 73,20% SMP Negeri, 16,49% SMP  Swasta, 6,19% MTS Negeri, dan 4,12% MTS Swasta. (3) Kondisi kompetensi guru  produktif kompetensi keahlian teknik mekatronika di SMK Negeri 3 Salatiga  termasuk kriteria tinggi dengan persentase ketercapaian pada aspek kepribadian  76,16%, sosial 73,60% dan profesional 76,11%. (4) Prestasi siswa kelas XII  mekatronika di SMK Negeri 3 Salatiga termasuk kategori kurang dengan persentase  ketercapaian kategori tinggi 17,53%, kategori cukup 27,84%, kategori kurang 38,14%  dan kategori rendah 16,49%.(5) Terdapat hubungan positif dan sangat rendah (tidak  signifikan) antara status sosial dan prestasi belajar siswa kompetensi keahlian teknik  mekatronika dengan koefisien korelasi r = 0,020. (6) Terdapat hubungan positif dan  sangat rendah (tidak signifikan) antara asal sekolah dan prestasi belajar siswa  kompetensi keahlian teknik mekatronika dengan koefisien korelasi r = 0,013. (7)  Terdapat hubungan negatif dan sangat rendah (tidak signifikan) antara tanggapan  siswa terhadap kompetensi guru produktif dan prestasi belajar siswa kompetensi  keahlian teknik mekatronika dengan koefisien korelasi r = -0,005. (8) Terdapat  hubungan positif dan sangat rendah (tidak signifikan) antara status sosial, asal sekolah  dan tanggapan siswa terhadap kompetensi guru produktif dengan prestasi belajar  siswa kompetensi keahlian teknik mekatronika dengan koefisien korelasi R = 0,061.  Kata Kunci: Status Sosial, Asal Sekolah, Kompetensi Guru, Prestasi Siswa.
date: 2016-10-10
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/42135/1/TAHRIRUDIN%20-%2004501241009.pdf
identifier:   Tahrirudin, Tahrirudin  (2016) HUBUNGAN STATUS SOSIAL, ASAL SEKOLAH DAN TANGGAPAN SISWA TERHADAP KOMPETENSI GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR DI SMK NEGERI 3 SALATIGA.  S1 thesis, fakultas Teknik.