%L UNY42128 %K pemerataan, pendidikan dasar, guru %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemerataan pendidikan di Kabupaten Sintang dalam hal pelaksanaan pemerataan pendidikan dasar, partisipasi pendidikan dasar, kualifikasi guru, pendistribusian guru, dan pembiayaan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian adalah Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang, Kepala Dinas Pendidikan Cabang Kecamatan, dan Ketua PGRI (sebagai Informan Kunci), dan Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, dan Guru (sebagai Informan Penunjang). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah model analisis Spradley untuk mengdeskripsikan dan menganalisis permasalahan pemerataan pendidikan di Kabupaten Sintang. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan utama. Pertama, pelaksanaan pemerataan pendidikan di Kabupaten Sintang terkendala akibat keadaan geografis dan sarana prasarana yang kurang. Kedua, partsipasi pendidikan di Kabupaten Sintang belum terlaksana maksimal karena program wajib belajar hanya mencapai 7 tahun. Ketiga kualifikasi guru di Kabupaten Sintang masih banyak yang memenuhi standar. Keempat, anggaran pendidikan yang berupa dana BOS belum memadai untuk dikelola oleh sekolah di daerah. %A Thomas Joni Verawanto Arsito %T Analisis Permasalahan Pemerataan Pendidikan di Kabupaten Sintang. %I UNY %D 2016