TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan merupakan gabungan dari stratified random sampling dan cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah 813 siswa kelas X yang berasal dari 15 SMA di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang terdiri atas sekolah tinggi, sedang dan rendah berdasarkan nilai Ujian Nasional matematika. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dengan instrumen soal literasi matematika sebanyak 13 pertanyaan ( ). Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif menggunakan nilai rata-rata, standar deviasi, nilai maksimum, nilai minimum, dan skor total serta statistik uji z ( ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa SMA di DIY tergolong sangat rendah. Kemampuan literasi matematika siswa jika ditinjau dari indikator proses memahami berada pada kategori rendah, sedangkan untuk indikator proses memodelkan, menggunakan dan menafsirkan termasuk kategori sangat rendah. Y1 - 2016/08/31/ PB - UNY A1 - Sari, Rosalia Hera Novita ID - UNY42126 M1 - tesis KW - kemampuan literasi matematika AV - public TI - Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMA di Daerah istimewa Yogyakarta. UR - http://eprints.uny.ac.id/42126/ ER -