eprintid: 42125 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/04/21/25 datestamp: 2016-10-10 01:16:40 lastmod: 2019-10-01 11:56:50 status_changed: 2016-10-10 01:16:40 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Anita Anastasia Windy Febriana, Anita Anastasia Windy Febriana title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report abstract: rogram PPL adalah program kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)yang memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik atau tenaga kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam mengajar. Selain itu, PPL bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya. Kegiatan PPL ini merupakan salah satu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar di lapangan secara langsung kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan kemampuan akademis maupun praktis dalam dunia pendidikan, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian dan bertanggung jawab dalam mengambil keputusan. Program PPL ini dilaksanakan pada tanggal 1 Juli sampai dengan 17 September 2014 Sebelum merencanakan dan menyusun program PPL, dilakukan observasi, yang berupa observasi pembelajaran di kelas. Kegiatan persiapan meliputi observasi pembelajaran di kelas yang dilakukan pada saat KBM di kelas berlangsung dan pembuatan persiapan mengajar yaitu membuat satuan program diklat yang berfungsi sebagai acuan dalam melaksanakan KBM di kelas agar berjalan lebih efektif dan efisien. Kegiatan praktik mengajar dilakukan setiap hari senin, dan sabtu. PPL dilaksanakan secara terjadwal setelah mahasiswa mendapatkan bekal yang memadai dalam berbagai bidang yang berkaitan dengan tugasnya sebagai guru yang telah dipelajari secara bertahap sejak semester awal khususnya melalui pembekalan dan kuliah micro teaching sebagai modal awal pengalaman mengajar. Berdasarkan hasil pelaksanaan, program PPL dapat berjalan lancar meskipun ada sedikit hambatan dalam pelaksanaannya. Namun demikian hambatan tersebut dapat teratasi berkat hubungan dengan guru pembimbing dan pihak sekolah. date: 2014 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Anita Anastasia Windy Febriana, Anita Anastasia Windy Febriana (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/42125/1/LAPORAN%20PPL%20ANITA%20.pdf