TY - THES M1 - skripsi ID - UNY42054 AV - public TI - PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBUAT CLAY MENGGUNAKAN BAHAN TEPUNG BAGI SISWA TUNARUNGU KELAS II B SLB NEGERI 2 BANTUL UR - http://eprints.uny.ac.id/42054/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membuat clay menggunakan bahan tepung bagi siswa tunarungu kelas II B SLB Negeri 2 Bantul. Aspek pembelajaran keterampilan membuat clay ini meliputi mempersiapkan alat, bahan, membuat adonan, membentuk, menjemur, dan membereskan alat. Kegiatan tersebut dilakukan berulang-ulang di setiap pertemuan Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bersifat kolaboratif. Desain penelitian yang digunakan mengadopsi model Kemmis dan Mc. Taggart melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek Penelitian Tindakan Kelas berjumlah tiga anak yang terdiri dari dua anak perempuan dan satu laki-laki. Obyek penelitian adalah keterampilan membuat clay menggunakan bahan tepung. Metode pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan bahan tepung dapat meningkatkan keterampilan membuat clay. Peningkatan ini dapat diketahui dari skor hasil pra tindakan KA sebesar 47,5%, MIH sebesar 45%, SN sebesar 55%. Keterampilan membuat clay siswa tunarungu mengalami peningkatan dan mencapai KKM setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I subyek KA mendapatkan skor sebesar 58,75%, MIH sebesar 56,25% , dan SN sebesar 66,66%. Setelah itu, pada siklus II subyek KA mendapatkan skor sebesar 72,91%, subyek MIH sebesar 68,75%, dan SN sebesar 75,41%. Ketiga subyek sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditentukan, yaitu sebesar 67 sehingga tindakan dihentikan. Y1 - 2016/05/25/ A1 - Yoga, Nurhidayat Prabawa PB - Universitas Negeri Yogyakarta ER -