%A Dadan Mukhlisin %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS kelas VIII dengan penerapan metode Bamboo Dancing dan The Learning Cell di SMP N 4 Sewon. Hasil belajar penting untuk diteliti karena salah satu aspek dalam tujuan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest, nonequivalent multiple-group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP N 4 Sewon dengan jumlah 4 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas VIII D dan kelas VIII C. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Validitas instrumen dihitung dengan rumus product moment, dan reliabilitas dihitung dengan rumus alpha cronbach. Pengujian prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data menggunakan uji-t (independent sample t-test) untuk perhitungan hasil tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS kelas VIII dengan penerapan metode Bamboo Dancing dan The Learning Cell di SMP N 4 Sewon. Hasil belajar kelas eksperimen 1 dengan perlakuan metode Bamboo Dancing lebih tinggi dari pada kelas eksperimen 2 dengan perlakuan metode The Learning Cell sehingga dapat disimpulkan penerapan metode Bamboo Dancing lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar IPS. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Bamboo Dancing, Metode The Learning Cell %L UNY42024 %T Perbedaan Hasil Belajar IPS Kelas VIII dengan Penerapan Metode Bamboo Dancing dan The Learning Cell di SMP N 4 Sewon %I FIS %D 2016