relation: http://eprints.uny.ac.id/42021/ title: Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA di Kabupaten Sleman Ditinjau dari Pengaruh Guru, Siswa, dan Keluarga. creator: Wahdinah, Siti Nur subject: Ekonomi description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh keterampilan dasar mengajar, (2) pengaruh kesesuaian gaya mengajar dengan gaya belajar, (3) pengaruh gender, (4) pengaruh minat belajar, (5) pengaruh peran keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA di Kabupaten Sleman, dan (6) pengaruh keterampilan dasar mengajar, kesesuaian gaya mengajar dengan gaya belajar, gender, minat belajar, dan peran keluarga secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA di Kabupaten Sleman. Jenis penelitian ini adalah associative causal dengan pendekatan ex-post facto. Jumlah sampel 400 siswa SMA kelas XI jurusan IPS ditentukan dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Data diperoleh melalui angket dengan skala Likert. Pengujian validitas dilakukan dengan expert judgement dan Confirmatory Factor Analysis (CFA), uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Analisis data menggunakan teknik statistik Regresi Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan dasar mengajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, (2) kesesuaian gaya mengajar dengan gaya belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, (3) gender berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar (4) minat belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar (5) peran keluarga tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. (6) keterampilan dasar mengajar, kesesuaian gaya mengajar dengan gaya belajar, gender, minat belajar dan peran keluarga secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. date: 2016-09-30 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/42021/1/tesis-siti-nur-wahdinah-14719259001.swf identifier: Wahdinah, Siti Nur (2016) Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA di Kabupaten Sleman Ditinjau dari Pengaruh Guru, Siswa, dan Keluarga. S2 thesis, UNY.