%0 Thesis %9 S2 %A Soko, Imelda Paulina %B Program Pascasarjana %D 2011 %F UNY:41966 %I UNY %K media flash, berbasis karakter, keefektifan, pembelajaran IPA %T Pengaruh Pemanfaatan Media Flash Berbasis Karakter Terhadap Keefektifan Pembelajaran IPA SD %U http://eprints.uny.ac.id/41966/ %X Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan nilai karakter terkait nilai Ketaatan Beribadah, Tanggung Jawab, dan Peduli Lingkungan antara siswa pada kegiatan pembelajaran yang menggunakan Media Flash Berbasis Karakter dan kegiatan pembelajaran yang menggunakan Media PowerPoint, pada mata pelajaran IPA SD; (2) mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa pada kegiatan pembelajaran yang menggunakan Media Flash Berbasis Karakter dan kegiatan pembelajaran yang menggunakan Media PowerPoint, pada mata pelajaran IPA SD; (3) mengetahui perbedaan aktivitas belajar antara siswa pada kegiatan pembelajaran yang menggunakan Media Flash Berbasis Karakter dan kegiatan pembelajaran yang menggunakan Media PowerPoint pada mata pelajaran IPA SD. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain randomized pretest-posttest control group. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas IV SD Negeri Jetisharjo dan SD Negeri Bangirejo. Sampel dipilih dengan teknik restricted random sampling untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data diperoleh dengan: (1) Tes, untuk mengukur hasil belajar siswa, (2) Non Tes, berupa: angket (kuisioner) dengan skala Likert, dan lembar observasi. Pengukuran didasarkan pada skor yang diperoleh siswa berdasarkan hasil tes, pengisian angket tentang nilai karakter, dan hasil pengamatan. Data dianalisis menggunakan teknik: (1) statistik deskriptif dan (2) statistik inferensial dengan Multivariate Analysis of Variance. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan nilai karakter terkait nilai Ketaatan Beribadah, Tanggung Jawab, dan Peduli Lingkungan antara siswa pada kegiatan pembelajaran yang menggunakan Media Flash Berbasis Karakter dan kegiatan pembelajaran yang menggunakan Media PowerPoint, pada mata pelajaran IPA SD; (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa pada kegiatan pembelajaran yang menggunakan Media Flash Berbasis Karakter dan kegiatan pembelajaran yang menggunakan Media PowerPoint pada mata pelajaran IPA SD; (3) terdapat perbedaan aktivitas belajar antara siswa pada kegiatan pembelajaran yang menggunakan Media Flash Berbasis Karakter dan kegiatan pembelajaran yang menggunakan Media PowerPoint pada mata pelajaran IPA SD.