%0 Thesis %9 S2 %A Rony, Hildegunda Silvestra %B Program Pascasarjana %D 2011 %F UNY:41958 %I UNY %K multimedia, karakter, hasil belajar, IPA, ibadah, tanggung jawab, kemandirian, kreativitas %T Pengaruh Penggunaan Multimedia Berbasis Komputer Terhadap Karakter dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar %U http://eprints.uny.ac.id/41958/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji perbedaan karakter siswa SD terkait nilai-nilai ketaatan beribadah, tanggung jawab, kemandirian, dan kreativitas pada pembelajaran IPA yang menggunakan multimedia berbasis komputer berupa multimedia interaktif dengan pembelajaran IPA yang menggunakan slide powerpoint, (2) menguji perbedaan hasil belajar siswa SD pada pembelajaran IPA yang menggunakan multimedia berbasis komputer berupa multimedia interaktif dengan pembelajaran IPA yang menggunakan slide powerpoint. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas tinggi (Kelas IV, Kelas V, dan Kelas VI) di SD Kanisius Kotabaru dan SD Kanisius Gowongan Yogyakarta. Sampel dipilih secara Restricted Random Sampling menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data diperoleh dengan: (1) Non-Tes, berupa angket dengan skala Likert dan pengamatan (observasi), (2) Tes untuk mengukur hasil belajar IPA SD Kelas V berupa kognitif dan afektif. Pengukuran didasarkan pada skor yang diperoleh siswa berdasarkan pengisian angket tentang karakter, hasil pengamatan, dan hasil tes. Teknik analisis data meliputi: (1) statistik deskriptif dan (2) statistik inferensial dengan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan karakter siswa SD terkait nilai-nilai ketaatan beribadah, tanggung jawab, kemandirian, dan kreativitas pada pembelajaran IPA yang menggunakan multimedia berbasis komputer berupa multimedia interaktif dengan pembelajaran IPA yang menggunakan slide powerpoint. Hasil ini didasarkan pada prosedur Tests of Between-Subjects Effects dengan melihat probabilitas yang secara umum lebih kecil dari 0,05; (2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa SD pada pembelajaran IPA yang menggunakan multimedia berbasis komputer berupa multimedia interaktif dengan pembelajaran IPA yang menggunakan slide powerpoint. Hasil ini didasarkan pada prosedur Tests of Between-Subjects Effects dengan melihat probabilitas yang secara umum jauh lebih kecil dari 0,05. Pembelajaran IPA yang menggunakan multimedia berbasis komputer berupa multimedia interaktif lebih efektif dibandingkan pembelajaran IPA yang menggunakan slide powerpoint dalam meningkatkan karakter siswa dan hasil belajar IPA.