TY - THES KW - metode pembelajaran KW - penguatan guru dan teman sebaya KW - pemahaman materi KW - keterampilan bertanya AV - none TI - Pengaruh Ketepatan Metode Pembelajaran, Penguatan dari Guru, dan Penerimaan Teman Sebaya terhadap Keterampilan Bertanya pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa SMA di Kabupaten Sleman melalui Pemahaman sebagai Variabel Intervening. M1 - tesis ID - UNY41957 UR - http://eprints.uny.ac.id/41957/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh langsung ketepatan metode pembelajaran, penguatan dari guru dan penerimaan teman sebaya terhadap pemahaman materi ekonomi siswa; (2) pengaruh secara simultan dan langsung ketepatan metode pembelajaran, penguatan dari guru dan penerimaan teman sebaya terhadap pemahaman materi ekonomi siswa; (3) pengaruh langsung ketepatan metode pembelajaran, penguatan dari guru, penerimaan teman sebaya dan pemahaman materi ekonomi terhadap keterampilan bertanya siswa; (4) pengaruh secara simultan dan langsung ketepatan metode pembelajaran, penguatan dari guru, penerimaan teman sebaya dan pemahaman materi ekonomi terhadap keterampilan bertanya siswa; (5) pengaruh tidak langsung ketepatan metode pembelajaran, penguatan dari guru dan penerimaan teman sebaya terhadap keterampilan bertanya siswa melalui pemahaman materi ekonomi. Penelitian ini merupakan survei yang eksplanatif asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah 647 siswa SMA di Sleman yang menggunakan K 13. Sampel sejumlah 472 siswa menggunakan teknik stratified proportional random sampling. Data diperoleh dengan non-tes berupa observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Pengujian validitas dilakukan dengan expert judgement dan Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan pengujian reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha (?). Analisis data menggunakan teknik statistik regresi berganda dan analisis jalur. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Ada pengaruh secara langsung dan signifikan penguatan dari guru; ketepatan metode pembelajaran terhadap pemahaman materi ekonomi siswa. Namun penerimaan teman sebaya tidak memberikan pengaruh secara langsung dan signifikan terhadap pemahaman materi ekonomi siswa. (2) Ada pengaruh secara simultan penguatan dari guru, ketepatan metode pembelajaran dan penerimaan teman sebaya terhadap pemahaman materi ekonomi siswa. (3) Ada pengaruh secara langsung dan signifikan penguatan dari guru; penerimaan teman sebaya dan pemahaman materi ekonomi terhadap keterampilan bertanya siswa. Namun ketepatan metode pembelajaran tidak memberikan pengaruh secara langsung dan signifikan terhadap keterampilan bertanya siswa. (4) Ada pengaruh secara simultan penguatan dari guru, ketepatan metode pembelajaran, penerimaan teman sebaya dan pemahaman materi ekonomi terhadap keterampilan bertanya siswa. (5) Ada pengaruh secara tidak langsung penguatan dari guru, ketepatan metode pembelajaran sebesar terhadap keterampilan bertanya siswa. Namun penerimaan teman sebaya cenderung memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap keterampilan bertanya siswa. Y1 - 2016/09/30/ A1 - Prilanita, Yeni Nur PB - UNY ER -