%T HUBUNGAN PERHATIAN ORANGTUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI GOLO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2106 %I PGSD %D 2016 %A Adriana Sabeuleleu %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perhatian orangtua dan prestasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Golo Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian menggunakan korelasi. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Golo Yogyakarta yang berjumlah 49 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen skala dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas instrumen. Hasil uji validitas butir untuk skala perhatian orangtua dari 40 butir dinyatakan valid semua. Reliabilitas alpha untuk skala perhatian orangtua sebesar 0,996. sedangkan uji persyaratan menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Uji hipotesis menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan perhatian orangtua dengan prestasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Golo Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai signifikansi (sig) pada hasil perhitungan lebih kecil dari pada 0,05 yaitu 0,005 (0,005 < 0,05), dan melalui hasil yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung 8,616 > Ftabel 4,05. Sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian orangtua dan prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Perhatian Orangtua, Prestasi Belajar %L UNY41941