%0 Thesis %9 S1 %A Titriani, Evinta Yogi %A Pembimbing: Ali Muhson, M.Pd, %B Pendidikan Ekonomi %D 2016 %F UNY:41915 %I Fakultas Ekonomi %T PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA N 1 PURBALINGGA %U http://eprints.uny.ac.id/41915/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar dan interaksi edukatif terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMAN 1 Purbalingga. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kedisiplinan belajar dan interaksi edukatif. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah motivasi belajar dan prestasi belajar. Populasi penelitian adalah siswa kelas X. Sampel penelitian berjumlah 192 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi nilai ulangan harian 1 dan angket, analisis data mengunakan metode analisis jalur (path). Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan kedisiplinan belajar terhadap motivasi belajar dengan pengaruh langsung sebesar. 0,193. Pengaruh interaksi edukatif terhadap motivasi dengan pengaruh langsung sebesar 0,152. Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi dengan pengaruh langsung 0,092, pengaruh tidak langsung 0,144, dan total pengaruh 0,236. Pengaruh interaksi edukatif terhadap prestasi belajar dengan pengaruh langsung 0,122, pengaruh tidak langsung 0,113, dan total pengaruh 0,235. Pengaruh motivasi belajar terhadap Prestasi belajar sebesar 0,742. Saran terkait penelitian ini baik untuk lembaga maupun siswa adalah untuk terus meningkatkan kedisiplinan belajar dan interaksi edukatif karena sangat penting untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar. Kata Kunci: Prestasi, Motivasi, Kedisiplinan, Interaksi Edukatif