%0 Thesis %9 S1 %A Ahmad, Nasihuddin %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2016 %F UNY:41911 %I PAUD %T MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MELIPAT DENGAN BERBAGAI MEDIA PADA ANAK KELOMPOK B3 DI TK ABA KARANGMALANG %U http://eprints.uny.ac.id/41911/ %X Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan melipat dengan berbagai media pada anak kelompok B3 di TK ABA Karangmalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 17 anak yang terdiri dari sepuluh anak laki-laki dan tujuh anak perempuan. Penelitian ini terlaksakan dalam dua siklus. Pengumpulan data menggunakan tekhnik observasi (cheklist) dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan keterampilan motorik halus dikatakan berhasil apabila persentase mencapai ≥75% dari jumlah anak kelompok B3 berada pada kriteria baik sesuai harapan. Persentase rata-rata kemampuan motorik halus mengalami peningkatan setelah anak melakukan pemanasan diawal kegiatan, penggunaan media yang lebih bervariasi, seperti kertas buku tulis, kertas koran, dan daun kelapa sebagai bahan kegiatan melipat serta adanya pembagian kelompok yang tepat dimana anak memiliki hubungan dekat dipisahkan tidak dalam satu kelompok agar anak-anak lebih fokus dan berkonstrasi sehingga kelas menjadi lebih kondusif. Kondisi awal menunjukkan keterampilan motorik halus melipat sebesar 53,92%, meningkat pada Siklus I menjadi 65,68 % dan pada Siklus II mencapai 79,41%. berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegiatan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada kelompok B3 TK ABA Karangmalang melalui kegiatan melipat dengan berbagai media telah berhasil. Kata kunci: motorik halus dan melipat dengan berbagai media