%0 Thesis %9 S1 %A Sudantoko, Ircham %A Saryono, %B PGSD Penjaskes %D 2016 %F UNY:41844 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K Pengembangan, Media Pembelajaran, Kartu Bergambar, Bola Voli %T PENGEMBANGAN MEDIA KARTU GAMBAR PEMBELAJARAN BOLA VOLI KELAS V SEKOLAH DASAR %U http://eprints.uny.ac.id/41844/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi kurang bervariasinya guru dalam memanfaatkan media pembelajaran sehingga membuat siswa kurang memahami dasar gerak bola voli. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pendukung pembelajaran berbentuk kartu bergambar guna mempermudah pengenalan dasar gerak pada materi bola voli untuk siswa sekolah dasar kelas V. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Metode penelitian yang dilakukan adalah: 1) Melakukan analisis kebutuhan dan pengumpulan informasi, 2) Mengembangkan produk awal, 3) Validasi ahli, 4) Revisi produk I, 5) Ujicoba kelompok kecil, 6) Revisi produk II, 7) Ujicoba kelompok besar, 8) Revisi produk III, dan 9) Produk akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SD Negeri 1 Karangsari yang berjumlah 21 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa kuesioner. Data yang diperoleh merupakan data kuantitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis stastistik deskriptif, yang tertera pada skala likert berupa pernyataan sangat kurang, kurang, cukup, baik, sangat baik. Hasil dari penelitian adalah sebagai berikut: tersusun produk media kartu gambar pembelajaran bola voli gerak dasar pasing atas, pasing bawah, servis atas, servis bawah. Kemudian dalam kartu gambar terdapat pengertian dasar tentang permainan bola voli, induk organisasi dan peraturan permainan. Hasil dari validasi ahli materi dengan kriteria penilaian akhir materi yang dipilih masuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan rerata skor sebesar 4,80; validasi ahli media dengan kriteria penilaian akhir tampilan media kartu gambar masuk dalam kategori ”Sangat Baik” dengan rerata skor sebesar 4,27; pada ujicoba kelompok besar masuk dalam kategori ”Sangat Baik” dengan rerata skor sebesar 4,26