%L UNY41825 %D 2016 %T PERBEDAAN KETERAMPILAN SOSIAL ANTARA SISWA AKTIF DAN PASIF DALAM ORGANISASI KESISWAAN DI SMP NEGERI 2 BINANGUN %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan sosial antara siswa aktif dan pasif dalam organisasi kesiswaan di SMP Negeri 2 Binangun. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis komparasi atau perbandingan. Subyek penelitian adalah siswa aktif dan pasif dalam organisasi kesiswaan di SMP Negeri 2 Binangun yang berjumlah 30 siswa aktif dan 30 siswa pasif organisasi kesiswaan diambil menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala keterampilan sosial. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif. Reliabilitas skala keterampilan sosial dengan menggunakan Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan keterampilan sosial antara siswa aktif dan pasif dalam organisasi kesiswaan di SMP Negeri 2 Binangun. Hal ini dibuktikan dari nilai lebih besar dari (13,325 > 2,000) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,000 < 0,05). Perbedaan keterampilan sosial juga terlihat dari hasil penghitungan nilai mean keterampilan sosial pada siswa aktif organisasi kesiswaan sebesar 125,67, sedangkan nilai mean pada siswa pasif organisasi kesiswaan sebesar 106,73. Kata kunci: keterampilan sosial, aktif, pasif, organisasi kesiswaan. %A Afrian Afrian Budiarto %I Fakultas Ilmu Pendidikan