TY - THES Y1 - 2016/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan karakteristik soal uji mandiri ditinjau dari segi analisis kuantitatif dan kualitatif serta persentase butir dengan kategori peka pada soal tes uji unjuk kerja dalam sertifikasi kompetensi bidang teknik mesin di LSP SMK N 1 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian analisis dokumen dengan menggunakan desain penelitian survei. Data dikumpulkan dengan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah soal dan seluruh jawaban tes uji mandiri dan uji unjuk kerja tes sertifikasi kompetensi P1 di LSP SMK N 1 Magelang tahun 2015. Analisis butir soal secara kualitatif meliputi aspek materi, konstruksi dan bahasa, sedangkan analisis kuantitatif meliputi analisis validitas, tingkat kesukaran butir soal, daya beda butir soal, efektifitas pengecoh serta reliabilitas soal. Analisis aspek materi, konstruksi dan bahasa dilakukan sesuai dengan kemampuan (expertise) penelaah dengan menggunakan format telaah. Analisis kuantitatif soal dilakukan dengan menggunakan Program ITEMAN (Item and Test Analysis) versi 3.00 yang hasilnya meliputi tingkat kesukaran butir soal, daya beda butir soal, dan efektifitas pengecoh serta reliabilitas soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 5.71% soal tidak memenuhi aspek materi, 45.71% soal tidak memenuhi aspek konstruksi, dan memenuhi aspek bahasa. Skor yang tidak valid sebagai ukuran kompetensi peserta tes LSP SMK N 1 Magelang tahun 2015. Soal masuk dalam kualitas kurang baik, dengan 62.86% soal mudah, 54.29% soal yang dapat diterima, pengecoh berfungsi sempurna sebanyak 4.29%, dan reliabilitas soal sebesar 0.613 pada uji mandiri. Dalam uji unjuk kerja bubut 92.85% butir soal dengan kategori peka dan 72.97% butir soal dengan kategori peka dalam uji unjuk kerja frais. Kata kunci: analisis soal, sertifikasi kompetensi, uji mandiri, uji unjuk kerja PB - UNY A1 - Agus, Prasetyo M1 - skripsi ID - UNY41809 TI - ANALISIS BUTIR SOAL SERTIFIKASI KOMPETENSI P1 BIDANG TEKNIK MESIN DI LSP SMK N 1 MAGELANG AV - public UR - http://eprints.uny.ac.id/41809/ ER -