%A Aufa Ashfahani %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman materi autocad melalui pembelajaran menggunakan modul bergambar pada siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah pemahaman siswa tentang materi autocad setelah mengikuti pembelajaran menggunakan modul bergambar yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Metode penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah pembelajaran yang ada di kelas serta berupaya meningkatkan profesionalisme guru. Analisis menunjukan bahwa peningkatan pemahaman siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dalam pembelajaran autocad dengan menggunakan modul bergambar dibuktikan dengan nilai tes pra tindakan 52,5 dan nilai tes pasca tindakan 92,5. Jadi dapat disimpulkan terjadi peningkatan pemahaman siswa dari nilai tes pra tindakan 52,5 ke nilai tes pasca tindakan 92,5 disebabkan sebagian besar siswa telah faham materi autocad. %L UNY41688 %T PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI AUTOCAD MELALUI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODUL BERGAMBAR PADA SISWA SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA JURUSAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN %D 2016 %I Fakultas Ilmu Pendidikan