eprintid: 41631 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 57 dir: disk0/00/04/16/31 datestamp: 2016-09-22 11:43:50 lastmod: 2022-08-03 08:07:25 status_changed: 2016-09-22 11:43:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Setiawan, Risky title: Evaluasi Pelaksanaan Program PLPG Sertifikasi Guru IPS Rayon 11 Universitas Negeri Yogyakarta ispublished: pub subjects: D0 divisions: pps_lit_evazdik full_text_status: restricted keywords: evaluasi, program PLPG abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) keefektifan program PLPG sertifikasi guru IPS rayon 11 Universitas Negeri Yogyakarta; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja peserta dalam pelaksanaan program PLPG sertifikasi guru IPS; dan (3) sistem penilaian dan pembobotan pada tiap komponen kelulusan program sertifikasi guru berdasarkan data empiris. Jenis penelitian adalah penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPP yaitu mencari efektifitas input, proses dan output. Objek penelitian adalah 100 guru IPS yang mengikuti diklat PLPG rayon Yogyakarta. Instrumen kuesioner divalidasi dengan uji validitas konstruk menggunakan expert judgment dan analisis faktor konfirmatori. Analisis ratings digunakan untuk menguji reliabilitas instrumen observasi. Keefektifan program dianalisis dengan statistik deskriptif, faktor yang mempengaruhi dengan analisis faktor, dan pembobotan kelulusan dengan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) keefektifan program PLPG pada ketiga komponen evaluasi yaitu: a) keefektifan input: motivasi peserta masuk kategori sangat tinggi (87%), persiapan instruktur masuk kategori baik (80%) dan persiapan panitia masuk kategori baik; b) keefektifan proses: aktivitas peserta dalam kelas masuk kategori baik (81%) sementara berdasar kuesioner menunjukkan baik (80%), performa guru dari peer teaching I dan II mengalami peningkatan sebesar 10,18%, kinerja instruktur dalam pembelajaran termasuk kategori baik sekali (85,7%), sedangkan performa instruktur dengan kategori baik (74,04%); c) keefektifan output: kebermanfaatan program dengan hasil 87,7%, skor rata-rata telah menunjukkan hasil yang efektif dengan ujian tulis >60,00 dan ujian praktik >70,00. (2) faktor yang mempengaruhi kinerja peserta adalah: motivasi, aktivitas, sarana prasarana, kebermanfaatan, dan instruktur sedangkan faktor dominan adalah aktivitas. (3) sistem penilaian dan pembobotan pada tiap komponen kelulusan dengan hasil regresi berdasar data empiris adalah sebagai berikut. a) Skor Ujian Tulis=48, dengan beta 0,708; b) Skor Ujian Praktik=31,9, dengan beta 0,542; c) Skor Pembelajaran=2,8, dengan beta 0,108; d) Skor Teman Sejawat=17,15, dengan beta 0,432; dengan skor yang paling berpengaruh adalah skor ujian tulis. date: 2011-04-30 date_type: published institution: UNY department: Program Pascasarjana thesis_type: tesis citation: Setiawan, Risky (2011) Evaluasi Pelaksanaan Program PLPG Sertifikasi Guru IPS Rayon 11 Universitas Negeri Yogyakarta. S2 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/41631/1/tesis-risky-setiawan-09701251005.pdf