TY - THES UR - http://library.fis.uny.ac.id/elibfis/index.php ID - UNY41584 TI - [Ringkasan Skripsi] Konflik Antar Pengelola Pariwisata Goa Pindul, Yogyakarta A1 - Binangkit, Gilang Y1 - 2016/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konflik yang terjadi diantara pengelola di Goa Pindul, meliputi faktor-faktor penyebab konflik, serta solusi penanganan konflik antarpengelola di Goa Pindul. Kajian tentang konflik antarpengelola objek wisata Goa Pindul ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Informan penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi atau arsip. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif Miles dan Hubberman, mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan proses penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konflik yang terjadi di Goa Pindul berawal dari Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul membuka objek wisata baru tepatnya di Goa Pindul dengan menentukan satu sekretariat sebagai pengelola wisata yaitu Pokdarwis Dewabejo. Perkembangan kegiatan wisata di Goa Pindul memunculkan adanya sikap kecemburuan sosial dari warga sekitar objek wisata yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan wisata di Goa pindul, sehingga memicu adanya persaingan yang ketat serta penggunaan jasa joki yang memunculkan adanya ketegangan diantara sekretariat Goa Pindul. Faktor-faktor yang menimbulkan adanya konflik di Goa Pindul yaitu adanya sikap saling tidak percaya dan kurangnya koordinasi antar sekretariat yang mencerminkan adanya sikap In-Group dan out-group diantara secretariat. Pihak sekretariat dan pemerintah daerah sudah melakukan upaya penanganan konflik dengan mengukuhkan aturan dari pemerintah daerah yang diberlakukan kepada semua pihak yang berkonflik untuk mentertibkan jalannya kegiatan wisata di Goa Pindul. Kata Kunci: Goa Pindul, Konflik, Pengelola Wisata PB - FIS M1 - skripsi AV - public ER -