%A Riyan Afandi %X Hubungan Kemampuan Kognitif Dalam Pengukuran Teknik dan Sikap Percaya Diri Terhadap Prestasi Belajar Praktik Teknologi Mekanik Siswa Kelas X Teknik Pemesinan SMK N 1 Sedayu Oleh: Riyan Afandi NIM. 12503241012 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan kognitif dalam pengukuran teknik terhadap prestasi belajar praktik, hubungan sikap percaya diri terhadap prestasi belajar praktik, dan hubungan kemampuan kognitif dalam pengukuran teknik dan sikap percaya diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar praktik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian expost-facto. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena seluruh siswa kelas X di jurusan teknik pemesinan SMK Negeri 1 Sedayu diambil datanya. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan dari kemampuan kognitif dalam pengukuran teknik terhadap prestasi belajar praktik dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,479 (r = 0,692 dan t = 5,251 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000). Ada hubungan yang positif dan signifikan dari sikap percaya diri terhadap prestasi belajar praktik dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,329 (r = 0,574 dan t = 3,838 dengan nilai signifikansi sebesar 0,001). Ada hubungan yang positif dan signifikan dari kemampuan kognitif dalam pengukuran teknik dan sikap percaya diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar praktik dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,535 (r = 0,731 dan F = 16,665 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000). Kata Kunci: kemampuan kognitif, sikap percaya diri, prestasi belajar praktik %L UNY41534 %D 2016 %I UNY %T Hubungan Kemampuan Kognitif Dalam Pengukuran Teknik dan Sikap Percaya Diri Terhadap Prestasi Belajar Praktik Teknologi Mekanik Siswa Kelas X Teknik Pemesinan SMK N 1 Sedayu