<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGOSOK GIGI MELALUI MEDIA\r\nBONEKA GIGI PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG\r\nKELAS IV DI SLB-C RINDANG KASIH SECANG"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan\r\nkemampuan menggosok gigi anak tunagrahita kategori sedang kelas IV di SLB-C\r\nRindang Kasih Secang.\r\nPenelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian\r\nadalah tiga siswa kelas IV di SLB-C Rindang Kasih Secang, yaitu ARH, EPD,\r\ndan ILP. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart.\r\nPenelitian dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data adalah\r\nobservasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif dan\r\nkuantitatif. Indikator keberhasilan adalah mencapai kriteria ketuntasan minimum\r\nsebesar 65.\r\nHasil penelitian menunjukan peningkatan proses pembelajaran dan\r\nkemampuan menggosok gigi anak tunagrahita kategori sedang kelas IV di SLB-C\r\nRindang Kasih Secang setelah menggunakan media boneka gigi. Proses ditinjau\r\ndari pembelajaran melalui media boneka gigi, sedangkan kemampuan menggosok\r\ngigi ditinjau dari ketuntasan belajar. Selama proses pembelajaran siswa mejadi\r\nlebih aktif, antusias dan tertarik terhadapmateri yang diberikan. Proses\r\npeningkatan kemampuan menggosok gigi dilakukan dengan melaksanakanpra\r\ntindakan untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Pra tindakan menunjukan\r\nbahwa ketiga subjek belum mencapai kriteria ketuntasan minimum 65. Hasil pra\r\ntindakan ARH sebesar 62,5%, EPD sebesar 51,5%, dan ILP sebesar 43,75%.\r\nPembelajaran melalui media boneka gigi dimulai dari tahap perencanaan,\r\npelaksanaan tindakan pembelajaran dan pengamatan, dan refleksi. Pada pasca\r\ntindakan siklus I diperoleh hasil ARH sebesar 70,31%, EPD sebesar 73,43%, dan\r\nILP sebesar 62,5%. Pada pasca tindakan siklus I ini ARH dan EPD telah\r\nmencapai kriteria ketuntasan minimum sementara ILP masih berada di bawah\r\nkriteria ketuntasan minimum. Pada pelaksanaan tindakan siklus II ARH\r\nmemperoleh skor sebesar 81,25%, EPD sebesar 87,50%, dan ILP sebesar 78,12%.\r\nDari hasil tindakan siklus II menunjukan bahwa masing-masing subjek\r\nmengalami peningkatan dan telah mencapai KKM yang ditentukan yaitu 65%\r\nsehingga tindakan dihentikan."^^ . "2016-08-25" . . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "Privita Hardiyanti"^^ . "Fachruniza"^^ . "Privita Hardiyanti Fachruniza"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGOSOK GIGI MELALUI MEDIA\r\nBONEKA GIGI PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG\r\nKELAS IV DI SLB-C RINDANG KASIH SECANG (Text)"^^ . . . "FACHRUNIZA PRIVITA HARDIYANTI_12103241020.pdf"^^ . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGOSOK GIGI MELALUI MEDIA\r\nBONEKA GIGI PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG\r\nKELAS IV DI SLB-C RINDANG KASIH SECANG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGOSOK GIGI MELALUI MEDIA\r\nBONEKA GIGI PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG\r\nKELAS IV DI SLB-C RINDANG KASIH SECANG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGOSOK GIGI MELALUI MEDIA\r\nBONEKA GIGI PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG\r\nKELAS IV DI SLB-C RINDANG KASIH SECANG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGOSOK GIGI MELALUI MEDIA\r\nBONEKA GIGI PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG\r\nKELAS IV DI SLB-C RINDANG KASIH SECANG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGOSOK GIGI MELALUI MEDIA\r\nBONEKA GIGI PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG\r\nKELAS IV DI SLB-C RINDANG KASIH SECANG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #41436 \n\nPENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGOSOK GIGI MELALUI MEDIA \nBONEKA GIGI PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG \nKELAS IV DI SLB-C RINDANG KASIH SECANG\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Luar Biasa" . .