TY - THES UR - http://library.fis.uny.ac.id/elibfis/index.php AV - public TI - [Ringkasan Skripsi] PERBEDAAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS SISWA MENGGUNAKAN METODE COLLEGE BALL DENGAN METODE CARD SORT PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 2 GALUR ID - UNY41373 M1 - skripsi PB - FIS A1 - Rahmayati, Anita N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan motivasi belajar siswa menggunakan metode pembelajaran College Ball dibandingkan metode Card Sort pada pembelajaran IPS, dan 2) Perbedaan Aktivitas belajar siswa menggunakan metode pembelajaran College Ball dibandingkan metode Card Sort pada pembelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 2 Galur. Jenis penelitian ini menggunakan quasi experimental research dengan desain pretest-postest Nonequivalent Mutiple-Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Galur, sedangkan kelas yang terpilih sebagai sampel yaitu kelas VIII B dan VIII D. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan observasi. Uji instrumen dilakukan dengan validitas isi dan konstruk, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil dari penelitian ini menunjukan: 1) Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas eksperimen 1 (College Ball) lebih tinggi daripada kelas eksperimen 2 (Card Sort), dan 2) Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas eksperimen 1 (College Ball) lebih baik daripada kelas eksperimen 2 (Card Sort). Berdasarkan hal tersebut, maka disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara metode College Ball dengan metode Card Sort terhadap motivasi dan aktivitas dalam pembelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 2 Galur. Kata kunci: Metode College Ball, Metode Card Sort, Motivasi, Aktivitas Siswa, SMP Negeri 2 Galur Y1 - 2016/// ER -