@phdthesis{UNY41366, school = {FIS}, year = {2016}, author = {Anindyawan Mursit Saputra}, title = {[Ringkasan Skripsi] PENGARUH FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) TERHADAP PRESTASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 2 WONOGIRI}, url = {http://eprints.uny.ac.id/41366/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) pengaruh Facebook sebagai media pembelajaran PKn terhadap prestasi peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Wonogiri, dan (2) pengaruh Facebook sebagai media pembelajaran PKn terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Wonogiri. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental). Penelitian eksperimen semu melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen merupakan kelas yang mendapatkan treatment (perlakuan) baru yang sedang diselidiki, sedangkan kelas kontrol merupakan kelas yang mendapat treatment (perlakuan) berbeda atau seperti biasa.Tes prestasi dilakukan sebelum dan sesudah dilakukan treatmen terhadap masing-masing kelas berupa pre-test dan post-test. Hasil test prestasi dan observasi dilakukan uji prasyarat analisis yang tediri dari uji normalitas sebaran dan uji homogenitas variansi. Setelah mendapat hasil normal serta homogen, dilakukan uji hipotesis statistik dengan menggunakan uji-t. Perolehan data dari uji-t, menentukan signifikansi pengaruh Facebook sebagai media pembelajaran PKn terhadap prestasi dan kemandirian belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Dalam uji-t prestasi didapatkan hasil thitung (to) sebesar 2,253{\ensuremath{>}}ttabel=2,002, dan nilai signifikansinya sebesar 0,028, yang artinya bahwa nilai signifikansi untuk prestasi peserta didik lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5\% (0,028{\ensuremath{<}}0,05). Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan prestasi peserta didik yang menggunakan Facebook sebagai media pembelajaran (2) Dalam uji-t kemandirian belajar thitung (to) sebesar 3,215{\ensuremath{>}}ttabel=2,002, dan nilai signifikansinya 0,002 yang artinya bahwa nilai signifikansi untuk kemandirian belajar peserta didik lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5\% (0,002{\ensuremath{<}}0,05). Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan terhadap tingginya kemandirian belajar peserta didik yang menggunakan Facebook sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: pengaruh Facebook, pembelajaran PKn, kemandirian belajar} }