<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) TERHADAP PRESTASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 2 WONOGIRI"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) pengaruh Facebook sebagai\r\nmedia pembelajaran PKn terhadap prestasi peserta didik kelas X di SMA Negeri 2\r\nWonogiri, dan (2) pengaruh Facebook sebagai media pembelajaran PKn terhadap\r\nkemandirian belajar peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Wonogiri.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental).\r\nPenelitian eksperimen semu melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan\r\nkelas kontrol. Kelas eksperimen merupakan kelas yang mendapatkan treatment\r\n(perlakuan) baru yang sedang diselidiki, sedangkan kelas kontrol merupakan kelas\r\nyang mendapat treatment (perlakuan) berbeda atau seperti biasa.Tes prestasi\r\ndilakukan sebelum dan sesudah dilakukan treatmen terhadap masing-masing kelas\r\nberupa pre-test dan post-test. Hasil test prestasi dan observasi dilakukan uji\r\nprasyarat analisis yang tediri dari uji normalitas sebaran dan uji homogenitas\r\nvariansi. Setelah mendapat hasil normal serta homogen, dilakukan uji hipotesis\r\nstatistik dengan menggunakan uji-t. Perolehan data dari uji-t, menentukan\r\nsignifikansi pengaruh Facebook sebagai media pembelajaran PKn terhadap\r\nprestasi dan kemandirian belajar peserta didik.\r\nHasil penelitian menunjukkan: (1) Dalam uji-t prestasi didapatkan hasil\r\nthitung (to) sebesar 2,253>ttabel=2,002, dan nilai signifikansinya sebesar 0,028, yang\r\nartinya bahwa nilai signifikansi untuk prestasi peserta didik lebih kecil dari nilai\r\ntaraf signifikansi 5% (0,028<0,05). Hal ini berarti terdapat pengaruh yang\r\nsignifikan terhadap peningkatan prestasi peserta didik yang menggunakan\r\nFacebook sebagai media pembelajaran (2) Dalam uji-t kemandirian belajar thitung\r\n(to) sebesar 3,215>ttabel=2,002, dan nilai signifikansinya 0,002 yang artinya bahwa\r\nnilai signifikansi untuk kemandirian belajar peserta didik lebih kecil dari nilai\r\ntaraf signifikansi 5% (0,002<0,05). Hal ini berarti terdapat pengaruh yang\r\nsignifikan terhadap tingginya kemandirian belajar peserta didik yang\r\nmenggunakan Facebook sebagai media pembelajaran.\r\nKata Kunci: pengaruh Facebook, pembelajaran PKn, kemandirian belajar"^^ . "2016" . . . "FIS"^^ . . . "PKnH, FIS"^^ . . . . . . . . . "Anindyawan Mursit"^^ . "Saputra"^^ . "Anindyawan Mursit Saputra"^^ . . "Halili"^^ . . . . . . . "PENGARUH FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) TERHADAP PRESTASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 2 WONOGIRI (Slideshow)"^^ . . . "Skripsi full Anindyawan M.S 09401241045.swf"^^ . . "HTML Summary of #41364 \n\nPENGARUH FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) TERHADAP PRESTASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 2 WONOGIRI\n\n" . "text/html" . . . "Hukum"@en . . . "Kewarganegaraan dan Hukum" . .