relation: http://eprints.uny.ac.id/41360/ title: LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN creator: BUDI CAHYONO, BUDI CAHYONO subject: LPPMP description: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta yang salah satunya berlokasi di SMK Negeri 4 Klaten telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 01 Juli-17 September 2014. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 12 mahasiswa dari 2 Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, 4 Program Studi Administrasi Perkantoran, 4 Program Studi Akuntansi, dan 2 Program Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Tujuan diadakannya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman yang nyata tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang profesional. Kegiatan PPL yang telah dilaksanakan meliputi praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, pembuatan media dan pembuatan RPP serta kegiatan lainnya. Praktik mengajar dimulai dari tanggal 1 Agustus sampai dengan 13 September 2013, dilakukan sebanyak 10 kali pertemuan di kelas X TKJ 1 dan X TKJ 2. Pokok bahasan untuk kelas X yang diajarkan meliputi Sejarah Komputer dari Generasi ke Generasi, Perangkat Input dan Output, Perangkat Pemrosesan dan Media Penyimpanan, Tata Letak Komponen motherboard, Konfigurasi dan Jumper pada Motherboard. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah ceramah, tanya jawab, demonstrasi alat, diskusi, dan jigsaw. Media yang digunakan adalah MS Powerpoint tentang materi, laptop, LCD, dan papan tulis. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat terlaksana dengan baik. Hambatan yang ditemui mahasiswa dalam melaksanakan PPL adalah: 1. Dari mahasiswa, kurang menguasai kelas, karena sulit untuk menjangkau tiap siswa dengan kondisi ruangan yang luas ketika di kelas maupun bengkel TKJ, 2. Dari siswa, ketidakaktifan siswa dalam proses belajar mengajar, siswa yang ramai dan cenderung sibuk dengan komputer atau fasilitas lain sehingga kurang memperhatikan materi yang disampaikan. Secara umum, programprogram dan kegiatan lain yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Munculnya hambatan dalam pelaksanaan kegiatan merupakan hal yang wajar. Tetapi hal tersebut dapat di atasi dengan adanya bantuan dari berbagai pihak. Mahasiswa berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan sebagai referensi. publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta date: 2014 type: Monograph type: PeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/41360/1/BAB%20I%2C%20II%2C%20III.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/41360/2/cover%2C%20kata%20pengantar%2C%20daftar%20isi%2C%20abstrak.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/41360/3/denah%20SMK%20N%20%24%20Klaten%20Budi.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/41360/4/Jadwal%20Praktik%20Mengajar.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/41360/5/Jadwal%20Praktik%20Mengajar.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/41360/6/kaldik%20budi.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/41360/7/Laporan%20Dana%20Pelaksanaan%20PPL.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/41360/8/Laporan%20Mingguan.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/41360/9/MATRIKS%20PPL.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/41360/10/matriks%20program%20PPL.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/41360/11/matriks%20program%20PPL.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/41360/12/nilai%20kelompok%20X%20TKJ%201.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/41360/13/nilai%20kelompok%20X%20TKJ%202.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/41360/14/nilai%20X%20TKJ%201.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/41360/15/Nilai%20X%20TKJ%202.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/41360/16/PBKL-Lampiran%209.-NPma.2-Format%20Observasi%20Kondisi%20Sekolah.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/41360/17/PBKL-Lampiran%2010.-NPma.3-Format%20Observasi%20Pembelajaran_Pelatihan.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/41360/18/PBKL-Lampiran%2010.-NPma.3-Format%20Observasi%20Pembelajaran_Pelatihan.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/41360/19/PBKL-Lampiran%2011.-NPma.4-Format%20Observasi%20Kondisi%20Lembaga.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/41360/20/Profil%20sekolah%20.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/41360/21/RPP%203%20Perangkat%20Proses%20dan%20Media%20Penyimpan.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/41360/22/PBKL-Lampiran%2010.-NPma.3-Format%20Observasi%20Pembelajaran_Pelatihan.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/41360/23/PBKL-Lampiran%2011.-NPma.4-Format%20Observasi%20Kondisi%20Lembaga.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/41360/24/Profil%20sekolah%20.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/41360/25/RPP%203%20Perangkat%20Proses%20dan%20Media%20Penyimpan.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/41360/26/RPP%204%20Tata%20Letak%20Komponen%20Komputer.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/41360/27/RPP%20I%20perkembangan%20komputer%20dari%20generasi%20ke%20generasi.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/41360/28/RPP2%20perangakat%20input%20dan%20output.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/41360/29/silabus.pdf identifier: BUDI CAHYONO, BUDI CAHYONO (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.