%I UNY %D 2016 %T Pengembangan Handout IPA Berbasis SETS pada Tema Biogas untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Siswa %K Handout IPA berbasis SETS, Keterampilan pemecahan masalah, Kemandirian belajar siswa %A Vina Fitri Yani Rahmawati %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan handout IPA berbasis SETS pada tema biogas yang layak untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa; dan (2) mengetahui keefektifan handout IPA untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode research and development, yang mengadaptasi model penelitian pengembangan 4-D. Prosedur penelitian ini meliputi: (1) Define: studi pendahuluan; (2) Design: memilih media, memilih format dan menyusun produk; (3) Develop: mentelaah produk dan melakukan uji coba; dan (4) Disseminate: memberikan produk kepada guru lain. Subyek uji coba produk adalah siswa kelas VII SMP N 2 Srandakan. Desain uji coba terbatas menggunakan one-group pretest-posttest design untuk siswa kelas VIIC, sedangkan uji coba lapangan menggunakan pretest-posttest control group design untuk siswa kelas VIIA dan VIIB. Instrumen pengambilan data yang digunakan adalah angket, tes dan lembar observasi. Angket digunakan untuk mengukur validasi handout, respon siswa, dan kemandirian belajar siswa. Tes digunakan untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah. Lembar observasi digunakan untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah kemandirian belajar siswa, dan keterlaksanaan pembelajaran. Kelayakan handout IPA dan respon siswa dianalisis dengan menggunakan konversi skor 4. Keterampilan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa pada saat uji coba terbatas dianalisis dengan gain score, sedangkan pada saat uji coba lapangan dianalisis dengan multivariate analysis of variance (MANOVA) dan gain score. Hasil penelitian ini adalah: (1) seperangkat handout IPA berbasis pendekatan SETS pada tema biogas yang layak untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa; dan (2) handout IPA efektif untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa %L UNY41319