@phdthesis{UNY41316, year = {2016}, author = {TITIS HARYO MUKTI}, title = {PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA KOMPETENSI KEJURUAN AKUNTANSI KELAS XI SMK YPKK 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2015/2016}, school = {Fakultas Ekonomi UNY}, keywords = {Persepsi Siswa , Metode Mengajar Guru, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar Akuntansi}, url = {http://eprints.uny.ac.id/41316/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2015/2016, 2) Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2015/2016, 3) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Media Pembelajaran secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2015/2016 sejumlah 49 siswa. Uji coba instrumen dilakukan di SMK Koperasi Yogyakarta dengan N=30. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis terdiri dari uji linearitas dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana, regresi ganda, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian: 1) Terdapat pengaruh positif Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2015/2016 dengan koefisien korelasi sebesar 0,497 dan harga thitung {\ensuremath{>}} ttabel (3,926 {\ensuremath{>}} 1,676) dengan sumbangan efektif 9,087\%. 2) Terdapat pengaruh positif Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2015/2016 dengan koefisien korelasi sebesar 0,284 dan harga thitung {\ensuremath{>}} ttabel (2,031 {\ensuremath{>}} 1,676) dengan sumbangan efektif sebesar 0,039\%. 3) Terdapat pengaruh positif Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Media Pembelajaran secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2015/2016 dengan koefisien korelasi sebesar 0,497 dan harga Fhitung {\ensuremath{>}} Ftabel (7,556 {\ensuremath{>}} 3,20) dengan sumbangan efektif sebesar 9,426\%. Kata Kunci: Persepsi Siswa , Metode Mengajar Guru, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar Akuntansi} }