%T KOMPETENSI KEPRIBADIA GURU PENJAS SMA NEGERI SE-KABUPATEN BANTUL %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %X Peran guru bukan hanya sebagai perantara dalam transfer ilmu, akan tetapi juga dalam transfer nilai. Transfer nilai yang dilakukan oleh guru tidak akan terlepas dari kompetensi kepribadian yang dimiliki guru tersebut, maka dari itu harus diketahui terlebih dahulu seberapa besar kompetensi kepribadian guru di masa ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kompetensi kepribadian guru penjas SMA Negeri se-Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, dengan jumlah populasi guru SMA Negeri di Kabupaten Bantul sebanyak 33 guru. Instrumen yang digunakan berupa angket dengan 31 butir pernyataan. Analisis data mengggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam persentase. Hasil penelitian menunjukkan besarnya kompetensi kepribadian guru penjas SMA Negeri se-Kabupaten Bantul terdapat satu guru (3,03%) dalam kategori sangat tinggi, 12 guru (36,36%) dalam kategori tinggi, 10 guru (30,30%) dalam kategori sedang, 6 guru (18,18%) dalam kategori rendah, 4 guru (12,12%) dalam kategori sangat rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa komptensi kepribadian guru penjas SMA Negeri seKabupaten bantul sebesar (36,36%) dalam kategori tinggi %D 2016 %A Isman Wiratmadi %K kompetensi, kepribadian, guru penjas %L UNY41314