%I Fakultas Ekonomi UNY %D 2016 %T PENGEMBANGAN VLOGGING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN ANTUSIASME BELAJAR SISWA PADA KELAS XII MATA PELAJARAN MYOB MANUFAKTUR (KARTU UTANG) SMK N 2 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2015/2016 %K Media Pembelajaran Akuntansi, Vlogging, Antusias Belajar. %X Penelitian Pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan Vlogging bagi siswa kelas XII SMK, (2) mengetahui kelayakan Vlogging yang dikembangkan sebagai media pembelajaran dengan penilaian dari para Ahli, (3) meningkatkan antusiasme belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan Vlogging. Penelitian ini merupakan Research and Development (RnD). Penelitian Pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang berisi 5 tahap pengembangan yaitu: 1) analysis, 2) design, 3) develop, 4) implementation, dan 5) evaluation. Pada tahap pengembangan Vlogging dinilai kelayakannya sebagai media pembelajaran oleh Ahli Materi, Ahli Media, Praktisi Pembelajaran Akuntansi. Uji coba dilakukan pada 35 siswa kelas XII AK 4 SMK N Purworejo. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa Vlogging layak digunakan pada kelas XII AK 4 SMK N Purworejo. Dilihat dari hasil 1) Ahli Materi memberikan ratarata skor 3,9 yang termasuk dalam kategori “ Baik”, 2) Ahli Media memberikan rata-rata skor 4,87 yang termasuk kategori “Sangat Baik”, 3) Praktisi Pembelajaran Akuntansi memberikan rata-rata skor 4,4 yang termasuk kategori “Sangat Baik”, 4) Siswa memberikan skor rata-rata 3,8 yang termasuk kategori “Baik”. Pada Uji Lapangan menunjukkan peningkatan antusiasme belajar siswa sebesar 9,24% dari 76,95% menjadi 86,19%. Pada pengujian uji-t diperoleh thitung sebesar -19,650 dengan sig.0,000 yang menunjukkan perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media. Dapat disimpulkan bahwa media Vlogging layak digunakan dan dapat meningkatkan antusiasme belajar siswa. %A Reka Darmawan %L UNY41303