@phdthesis{UNY41298, year = {2016}, school = {UNY}, author = {Maria Katharina Longa}, title = {Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Berbasis Kerja Laboratorium untuk Mengukur Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 2 Kupang}, month = {August}, keywords = {pengembangan instrumen, penilaian kinerja, keterampilan proses, sikap ilmiah, pemodelan Rasch}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui karakteristik instrumen, 2) mengetahui kualitas instrumen, dan 3) mengetahui efektivitas penggunaan instrumen penilaian kinerja berbasis kerja laboratorium untuk mengukur keterampilan proses dan sikap ilmiah peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kupang. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D dengan empat tahapan, yaitu pendahuluan, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Tahap pengembangan awal meliputi analisis kebutuhan, studi pustaka, dan karakteristik peserta didik. Tahap perancangan dilakukan dengan merumuskan tujuan pembelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, rubrik, dan kisi-kisi. Tahap pengembangan dilakukan dengan pengembangan produk awal, validasi produk secara logis melalui expert judgement, peer reviewer, dan pendidik kimia SMA Negeri 2 Kupang, serta validasi empiris melalui uji coba terbatas dan lapangan. Kegiatan validasi dilanjutkan dengan revisi instrumen hingga produk siap digunakan. Pada kegiatan uji coba lapangan, instrumen diujicobakan pada 79 orang peserta didik. Data penelitian dianalisis menggunakan bantuan program Winsteps 3.73 pada pemodelan Rasch. Hasil penelitian menunjukkan: 1) karakteristik instrumen penilaian kinerja terdiri atas Lembar Kerja Peserta Didik dengan tiga jenis praktikum, lembar observasi yang terdiri atas 36 butir penilaian, lembar penilaian diri yang terdiri atas 18 butir penilaian, dan 12 soal tes uraian yang telah valid dan teruji kualitasnya. 2) Kriteria kualitas instrumen ditinjau dari validitas isi menunjukkan indeks validitas yang tinggi, rata-rata infit dan outfit MNSQ menunjukkan pola jawaban serta tampilan kerja laboratorium dari peserta didik yang fit terhadap model, rata-rata infit dan outfit ZSTD pun menunjukkan kualitas instrumen yang bagus, serta reliabilitas instrumen secara keseluruhan pada lembar observasi dan soal kognitif menunjukkan koefisien yang sangat bagus, sedangkan koefisien reliabilitas lembar penilaian diri tergolong cukup bagus. 3) Analisis persentase kategori menunjukkan efektivitas instrumen dalam mengukur keterampilan proses dan sikap ilmiah yang sangat tinggi}, url = {http://eprints.uny.ac.id/41298/} }