TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/41275/ TI - PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS STUDENT CENTERED UNTUK PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/MA AV - public ID - UNY41275 M1 - skripsi A1 - Rarasasi, Sridovi PB - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY N2 - Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengembangkan dan (2) mengetahui kualitas lembar kerja siswa berbasis student centered untuk pembelajaran kimia pada materi kesetimbangan kimia sebagai sumber belajar peserta didik kelas XI SMA/MA. Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Produk awal lembar kerja siswa pada materi kesetimbangan kimia ditinjau oleh dosen pembimbing sebagai ahli materi dan ahli media dan tiga orang peer reviewer dari jurusan pendidikan kimia 2012 yang memberikan masukan dan saran untuk merevisi produk awal ini. Hasil revisi produk tersebut kemudian dinilai oleh lima orang guru kimia SMA/MA selaku reviewer. Penilaian kualitas lembar kerja siswa ini menggunakan instrumen penilaian berupa angket yang mencakup 3 aspek penilaian, yaitu (1) aspek kelayakan lembar kerja siswa, (2) aspek kebahasaan, (3) aspek kegrafisan. Hasil penelitian pengembangan ini adalah lembar kerja siswa berbasis student centered pada materi kesetimbangan kimia yang terdiri dari empat materi pokok. Lembar kerja siswa ini memiliki kualitas sangat baik (SB) dengan skor rata-rata 130,20, sehingga lembar kerja siswa ini layak digunakan sebagai sumber belajar peserta didik kelas XI SMA/MA. Y1 - 2016/08/11/ ER -