@phdthesis{UNY41221, title = {Pengembangan Physics Comprehensive Contextual Teaching Material berbasis KKNI pada Materi Usaha dan Energi untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills dan Scientific Attitude Peserta Didik}, school = {Program Pascasarjana}, year = {2016}, month = {August}, author = {Fitria Arifiyanti}, url = {http://eprints.uny.ac.id/41221/}, keywords = {PhyCCTM, KKNI, higher order thinking skills, scientific attitude}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan Physics Comprehensive Contextual Teaching Material (PhyCCTM) berbasis KKNI pada materi usaha dan energi untuk meningkatkan higher order thinking skills (HOTS) dan scientific attitude peserta didik, (2) mengetahui peningkatan HOTS dalam pembelajaran fisika dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, (3) mengetahui peningkatan scientific attitude peserta didik dalam pembelajaran fisika dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, dan (4) mengetahui pengaruh penerapan perangkat pembelajaran yang dikembangkan terhadap peningkatan HOTS dan scientific attitude peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini terdiri dari enam tahapan yang diadaptasi dari Model Borg \& Gall yang meliputi tahap studi pendahuluan, tahap perencanaan, tahap penyusunan draf produk PhyCCTM berbasis KKNI, tahap validasi produk, tahap revisi dan uji coba produk dan tahap desiminasi. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli dan dua guru fisika. Uji coba terbatas dilaksanakan di kelas XI IPA 2 SMAN 7 Pontianak dengan melakukan pembelajaran dan mengujikan PhyCCTM berbasis KKNI yang telah dikembangkan. Uji coba luas dilaksanakan di SMAN 7 Pontianak dengan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Perangkat pembelajaran PhyCCTM berbasis KKNI yang layak telah dihasilkan dengan kategori ?Sangat Baik?. (2) Perangkat permbelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan HOTS peserta didik dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 pada uji terbatas. (3) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan scientific attitude peserta didik dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 pada uji terbatas. (4) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan HOTS dan scientific attitude peserta didik dengan nilai Sig. sebesar 0.000 pada uji coba luas} }