@phdthesis{UNY41216, title = {Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMA Kelas X pada Materi Trigonometri dan Geometri dengan Pendekatan Problem-Based Learning Berbasis Multiple Intelligences Gardner Berorientasi pada Prestasi, Kemampuan Koneksi Matematis, dan Self-Esteem Siswa}, author = {Aris Kartikasari}, month = {August}, year = {2016}, school = {Program Pascasarjana}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika kelas X SMA pada materi trigonometri dan geometri dengan pendekatan problem-based learning berbasis multiple intelligences Gardner berorientasi pada prestasi, kemampuan koneksi matematis, dan self-esteem siswa. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation,dan evaluation). Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas X MIA III MAN Yogyakarta III, Sleman. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, soal tes prestasi, soal tes koneksi, angket self-esteem siswa, lembar penilaian kepraktisan guru, dan lembar penilaian kepraktisan siswa. Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran matematika SMA kelas X pada materi trigonometri dan geometri berupa RPP dan LKS. Hasil validasi menunjukkan bahwa RPP dan LKS yang dikembangkan telah valid dengan skor rata-rata masing-masing adalah 4,54 dan 4,43 dari skor maksimum 5, dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tes prestasi belajar, tes koneksi matematis dan hasil angket self-esteem telah memenuhi kriteria efektif. Pada hasil tes prestasi belajar, persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), yaitu 75 adalah 77\% (materi trigonometri) dan 90\% (materi geometri). Berdasarkan uji hipotesis pada taraf signifikan 5\%, jumlah siswa yang mencapai KKM pada hasil tes prestasi belajar lebih besar atau sama dengan 70\%. Berdasarkan uji hipotesis pada taraf signifikan 5\%, jumlah siswa yang mencapai skor minimum berkategori tinggi pada hasil tes koneksi matematis dan hasil angket self-esteem lebih besar atau sama dengan 70\%. Berdasarkan hasil penilaian kepraktisan guru siswa, perangkat yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis. Skor rata-rata penilaian guru untuk LKS dan RPP berturut-turut adalah 4,91 dan 4,60 dari skor maksimum 5 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan penilaian siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan LKS yang dikembangkan memperoleh skor rata-rata 3,67 dari skor maksimum 5 dengan kategori baik. Oleh karena itu, perangkat pembelajaran tersebut valid, praktis, dan efektif}, keywords = {perangkat pembelajaran, multiple intelligences Gardner, prestasi belajar, kemampuan koneksi matematis, self-esteem}, url = {http://eprints.uny.ac.id/41216/} }