eprintid: 41185 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1275 dir: disk0/00/04/11/85 datestamp: 2016-09-08 03:21:24 lastmod: 2019-01-30 10:55:28 status_changed: 2016-09-08 03:21:24 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ragil, Dimas Satrio corp_creators: Sismadiyanto title: TINGKAT KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS (PENJAS ADAPTIF) DI SEKOLAH DASAR INKLUSI SE-KECAMATAN SENTOLO ispublished: pub subjects: or_pkr divisions: fik_olahraga_pjkr full_text_status: public keywords: Keterlaksanaan, Pembelajaran, Penjas Adaptif dan SD Inklusi abstract: Penelitian ini di latarbelakangi dengan belum adanya penelitian tentang tingkat keterlaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif di Sekolah Dasar Inklusi se-Kecamatan Sentolo. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk meneliti seberapa tinggi tingkat keterlaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif di Sekolah Dasar Inklusi se-Kecamatan Sentolo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei dengan instrumen berupa angket yang terdiri dari faktor perencanaan pembelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Subjek penelitian yang digunakan adalah guru pendidikan jasmani sebanyak 6 guru. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan prosentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa tingkat keterlaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif di Sekolah Dasar Inklusi se-Kecamatan Sentolo menunjuk pada kategori baik 50%, cukup baik 16,67%, dan kurang baik 33,33%. Kemudian faktor perencanaan pembelajaran menunjuk pada kategori baik 50%, cukup baik 16,67%, dan kurang baik 33,33%. Sedangkan faktor proses pelaksanaan pembelajaran menunjuk pada kategori baik 50%, cukup baik 16,67%, dan kurang baik 33,33%. Sedangkan faktor evaluasi pembelajaran menunjuk pada kategori baik 50%, cukup baik 16,67%, dan kurang baik 33,33%. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pembelajaran pendidikan jasmani bagi siswa berkebutuhan khusus (penjas adaptif) di Sekolah Dasar Inklusi se-Kecamatan Sentolo terlaksana dengan baik. date: 2016 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Keolahragaan department: PGSD Penjaskes thesis_type: skripsi citation: Ragil, Dimas Satrio (2016) TINGKAT KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS (PENJAS ADAPTIF) DI SEKOLAH DASAR INKLUSI SE-KECAMATAN SENTOLO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/41185/1/DIMAS%20SATRIO%20RAGIL.pdf