%0 Thesis %9 S1 %A Damanik, Ely Corina %A Pembimbing: Sri Sumardiningsih, M.Si., %B Pendidikan Ekonomi %D 2016 %F UNY:41155 %I Fakultas Ekonomi %T PENGARUH MOTIVASI, STATUS SOSIAL EKONOMI, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA LUAR PULAU JAWA MELANJUTKAN PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/41155/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, status sosial ekonomi dan brand image terhadap keputusan mahasiswa yang berasal dari luar pulau Jawa melanjutkan pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Ex Post Facto yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang berasal dari luar pulauJawa yang sedang menempuh pendidikan UNY. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Snowball sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Fakultas Bahasa dan Seni sebanyak 130 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi berpengaruh positif terhadap keputusan mahasiswa luar pulau Jawa melanjutkan pendidikan di UNY, dengan nilai thitung sebesar 3,295dan taraf signifikansi sebesar 0,001; (2) status sosial ekonomi tidak berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa luar pulau Jawa melanjutkan pendidikan di UNY, dengan nilai thitung sebesar -0,718 dan taraf signifikansi sebesar 0,474; (3) brand image berpengaruh positif terhadap keputusan mahasiswa luar pulau Jawa melanjutkan pendidikan di UNY, dengan nilai thitung sebesar 2,988 dan taraf signifikansi sebesar 0,003; (4) motivasi, status sosial ekonomi, dan brand image secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap keputusan mahasiswa luar pulau Jawa melanjutkan pendidikan di UNY, dengan nilai F sebesar 11,346 dan taraf signifikansi 0,000, dengan besar pengaruh sebesar 22,2% , sedangkan sisanya 77,8% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian. Motivasi memberikan sumbangan efektif sebesar 11,83%, status sosial ekonomi sebesar 0,73%, dan brand image sebesar 9,64%. Kata kunci: motivasi, status sosial ekonomi, brand image, keputusan mahasiswa luar pulau Jawa