TY - THES Y1 - 2016/08/19/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) motivasi belajar siswa SMA N 1 Piyungan pada mata pelajaran ekonomi, 2) pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa, 3) pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa, 4) pengaruh fasilitas belajar dan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa, 5) faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa selain fasilitas belajar dan lingkungan keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Piyungan tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 140 siswa dengan sampel penelitan sebanyak 102 siswa menggunakan teknik propotional random sampling. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) motivasi belajar siswa kelas X SMA N 1 Piyungan pada mata pelajaran ekonomi dalam kategori sedang sebesar (60%) siswa, 2) fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa, 3) lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa, 4) fasilitas belajar dan lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa, koefisien determinasi (R2) sebesar 0,438 dapat diartikan bahwa 43,8% motivasi belajar dipengaruhi oleh fasilitas belajar dan lingkungan keluarga, 5) faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa selain fasilitas belajar dan lingkungan keluarga yaitu peran guru, ketertarikan terhadap materi, lingkungan teman, cita-cita atau aspirasi dan kondisi siswa. Kata Kunci: Motivasi belajar, fasilitas belajar, lingkungan keluarga dan faktor-faktor lain. A1 - Rahmawati, Rima PB - Fakultas Ekonomi AV - public TI - FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PIYUNGAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI TAHUN AJARAN 2015/2016 M1 - skripsi ID - UNY41152 UR - http://eprints.uny.ac.id/41152/ ER -