%X Penelitian ini memiliki dua tujuan. Tujuan pertama, mengetahui perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman antara peserta didik yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan strategi KWL dan peserta didik yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran konvensional pada peserta didik SMP. Tujuan kedua, menguji keefektifan strategi KWL dalam pembelajaran membaca pemahaman pada peserta didik SMP. Desain penelitian yang digunakan adalah control group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Pedan, Klaten. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VIII A sebagai kelompok kontrol dan kelas VIII D sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, yaitu pretes dan postes. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan validitas konstruk. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yang menunjukkan bahwa instrumen tersebut reliabel, yaitu diperoleh r = 0,710 untuk soal pilihan ganda pretes dan r = 0,889 untuk soal pilihan ganda postes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis data yang berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: pertama, terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman antara peserta didik yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi KWL dengan peserta didik yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi pembelajaran konvensional pada peserta didik kelas VIII, ditunjukkan dengan hasil uji-t postes kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh t_hitung -2,831 dengan nilai p 0,006. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5%. Kedua, strategi KWL terbukti efektif dalam pembelajaran membaca pemahaman pada peserta didik kelas VIII, ditunjukkan dengan perolehan hasil perhitungan Uji-t diperoleh t_hitung -4,431 dan nilai p sebesar 0,000. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% %K keefektifan, strategi Know-Want to Know-Learned (KWL), membaca pemahaman %I UNY %A Nuansa Asa Nuarindah %T Keefektifan Strategi Know-Want to Know-Learned dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman pada Siswa SMP %D 2016 %L UNY41130