@phdthesis{UNY41127, author = {Izza Fitri}, school = {UNY}, year = {2016}, title = {Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak melalui Media Gambar Di TK Kusuma I Nologaten Yogyakarta (Penelitian Tindakan Kelas Kelompok A 4-5 Tahun di TK Kusuma I Nologaten Yogyakarta)}, month = {August}, keywords = {kemampuan berbicara, media gambar, taman kanak-kanak usia 4-5 tahun}, url = {http://eprints.uny.ac.id/41127/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pembelajaran sebagai upaya meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui media gambar pada anak kelompok A di TK Kusuma I Nologaten Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini menggunakan desain Kemmis dan Mc Taggart. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengobservasian, dan perefleksian. Subjek penelitian adalah 20 anak kelompok A TK Kusuma I Nologaten. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara diskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila persentase kemampuan berbicara anak mencapai?75\%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbicara melalui media gambar dapat meningkat. Kondisi awal kemampuan berbicara anak kelompok A di TK I Nologaten Yogyakarta sebesar 55,83\%. Pada Siklus I kemampuan berbicara meningkat menjadi 69,26\%, sehingga persentase peningkatan antara sebelum tindakan ke Siklus I sebesar 13,43\%. Pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan berbicara menjadi 87,59\%. Peningkatan persentase kemampuan berbicara antara Siklus I ke Siklus II yaitu sebesar 18,33\%. Media gambar dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak TK kelompok A usia 4-5 tahun} }