TY - THES ID - UNY41059 M1 - tesis KW - strategi pengajaran membaca resiprokal KW - strategi berpikir terarah KW - pemahaman bacaan AV - public TI - Keefektifan Strategi Pengajaran Membaca Resiprokal dan Strategi Berpikir Terarah dalam Pembelajaran Pemahaman Bacaan pada Siswa SMP Negeri di Kabupaten Sleman UR - http://eprints.uny.ac.id/41059/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keefektifan strategi pengajaran membaca resiprokal dan strategi berpikir terarah dalam pembelajaran pemahaman bacaan dan (2) strategi yang paling efektif di antara strategi pengajaran membaca resiprokal, strategi berpikir terarah, dan strategi konvensional. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan (3) kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan strategi pengajaran membaca resiprokal dan strategi berpikir terarah beserta solusi untuk mengatasi kendala tersebut. Jenis penelitian ini merupakan metode penelitian kombinasi dengan model penelitian sequential explanatory design. Penelitian kuantitatif yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen kuasi dengan desain pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling untuk menentukan sampel sekolah dan cluster random sampling untuk menentukan sampel kelas. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh SMP Negeri 1 Mlati sebagai sampel sekolah, kelas VIIIA sebagai kelompok kontrol, kelas VIIID sebagai kelompok eksperimen 1, dan kelas VIIIC sebagai kelompok eksperimen 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan observasi. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan validitas konstruk. Validitas isi dikonsultasikan kepada ahlinya dan validitas konstruk dianalisis menggunakan analisis faktor. Reliabilitas instrumen dianalisis menggunakan teknik KR-20. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji analisis varians satu jalan yang dilanjutkan uji scheffe dengan taraf kesalahan 0,05. Penelitian kualitatif yang diterapkan dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Strategi pengajaran membaca resiprokal lebih efektif daripada strategi konvensional berdasarkan hasil uji scheffe (KE 1 dan KK) diperoleh mean difference 3,333 dan signifikan dengan p 0,000 (p <0,05); strategi berpikir terarah lebih efektif daripada strategi konvensional berdasarkan uji scheffe (KE 2 dan KK) diperoleh mean difference 1,700 dan signifikan dengan p 0,034 (p <0,05). (2) Strategi pengajaran membaca resiprokal paling efektif daripada strategi berpikir terarah dan strategi konvensional berdasaran hasil uji scheffe (KE 1 dan KE 2) diperoleh mean difference 1,633 dan signifikan dengan p 0,044 (p <0,05); berdasarkan peningkatan skor rerata pada strategi pengajaran membaca resiprokal sebesar 3,57, strategi berpikir terarah sebesar 2,46, dan strategi konvensional sebesar 0,60. (3) Kendala dalam penerapan strategi pengajaran membaca resiprokal antara lain beberapa siswa masih kesulitan dalam membuat prediksi, pertanyaan, mengklarifikasi, dan meringkas; kendala dalam penerapan strategi berpikir terarah antara lain beberapa siswa masih kesulitan dalam membuat prediksi, kesalahan teknis dalam membaca, dan membuktikan prediksi. Guru mengatasi kendala tersebut dengan memberikan motivasi, contoh, dan arahan kepada siswa. Y1 - 2016/08/31/ A1 - Putri, Titis Kusumaningrum Witdaryadi PB - UNY ER -