TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/41042/ M1 - tesis ID - UNY41042 AV - public TI - Pengembangan LKS Sains Dalam Setting POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Siswa SMP KW - LKS dalam setting POE KW - keterampilan berpikir A1 - Sulistiyono, Sulistiyono PB - UNY Y1 - 2011/08/27/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kegiatan siswa dalam setting POE untuk mengembangkan keterampilan berpikir siswa sehingga layak digunakan dalam pembelajaran siswa SMP N 1 Pakem kelas VII, ditinjau dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan, serta untuk mengetahui ketercapaian keterampilan berpikir siswa selama menggunakan LKS dalam seting POE. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model 4-D dengan tahapan Definition, Design, Development, dan Dissemination. Penelitian ini hanya sampai tahap Development, tahap Dissemination tidak dilaksanakan. Subjek coba pada penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Pakem Sleman Yogyakarta sejumlah 46 orang dengan rincian: 10 siswa untuk uji kelompok kecil dan 36 siswa untuk uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, tes (post-test), dan sebaran jawaban siswa pada LKS. Masukan terhadap LKS hasil pengembangan pada tahap uji kelompok kecil digunakan untuk dasar perbaikan modul pada uji coba tahap berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan di tinjau dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikan baik menurut ahli materi, ahli media, teman sejawat dan guru sains secara umum dalam kategori baik. Penerapan LKS dalam pembelajaran secara umum terlaksana. Respon siswa terhadap penggunaan LKS seting POE dalam kategori baik. Pembelajaran dengan LKS dalam seting POE yang dikembangkan dapat mengembangkan keterampilan berpikir siswa yang di tunjukkan oleh peningkatan persentase ketercapain hasil belajar siswa tiap LKS, LKS 1 sebesar 76,5% LKS 2 sebesar 79,8% dan LKS 3 sebesar 78,9%. ER -