TY - THES ID - UNY41019 UR - http://eprints.uny.ac.id/41019/ M1 - skripsi AV - restricted TI - PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR IPS MELALUI METODE MIND MAP SISWA KELAS V SD NEGERI JERUKSARI WONOSARI GUNUNGKIDUL A1 - Fatmasari, Yesi Murti Y1 - 2016/08/31/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar IPS melalui metode mind map siswa kelas V SD Negeri Jeruksari Wonosari Gunungkidul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Jeruksari yang berjumlah 20 siswa. Desain PTK yang digunakan model spiral dari Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi hasil produk mind map siswa dan lembar observasi kegiatan guru. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kreativitas belajar IPS dapat ditingkatkan melalui metode mind map pada siswa kelas V SD Negeri Jeruksari. Persentase jumlah siswa yang berhasil mencapai indikator keberhasilan penelitian pada siklus I pertemuan 1 hanya 10%, siklus I pertemuan 2 menjadi 45%. Hasil pengamatan kreativitas siswa siklus I belum berhasil mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu ?75% siswa memperoleh skor akhir ?2,66 sehingga dilanjutkan penelitian tindakan kelas siklus II. Pada siklus II pertemuan 1 70% siswa kemudian siklus II pertemuan 2 menjadi 100%. Penelitian tindakan siklus II berhasil mencapai indikator keberhasilan penelitian sehingga tidak perlu dilaksanakan penelitian tindakan lanjutan. Kata kunci : metode mind map, kreativitas belajar, IPS PB - PGSD ER -