%A Syamsul Arifin %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kondisi lingkungan belajar di sekolah dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V Sekolah Dasar Se-Gugus Mulyodadi Kecamatan Bambanglipuro. Penelitian inimerupakan penelitian expost facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas V yang ada di Bambanglipuro, khususnya siswa kelas V Sekolah Dasar Se-Gugus Mulyodadi sebanyak 147 siswa, dengan jumlah sampel 107 siswa. Objek penelitian berupa kondisi lingkungan belajar di sekolah. Cara pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin. Pengumpul data berupa metode angket dan dokumentasi. Untuk menguji hipotesis kerja digunakan korelasi Product Moment.Taraf signifikansi untuk pengujian hipotesis adalah taraf 1%. Dari analisa data, kondisi lingkungan belajar di Sekolah Dasar Se-Gugus Mulyodadi termasuk kategori sedang, sedangkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Se-Gugus Mulyodadi Kecamatan Bambanglipuro mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh r xy = 0,463 > r tabel = 0,256 pada taraf signifikansi 1%. Maka hipotesis yang diajukan terbukti ada hubungan antara kondisi lingkungan belajar di sekolah dengan hasil belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar Se-Gugus Mulyodadi Kecamatan Bambanglipuro Tahun Pelajaran 2015/2016. Kata Kunci : kondisi lingkungan belajar di sekolah, mata pelajaran IPA, hasil belajar %L UNY41014 %I PGSD %D 2016 %T HUBUNGAN ANTARA KONDISI LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUANALAM (IPA) SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-GUGUS MULYODADI KECAMATAN BAMBANGLIPURO