eprintid: 41007 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/04/10/07 datestamp: 2016-08-31 04:43:50 lastmod: 2019-10-01 12:03:50 status_changed: 2016-08-31 04:43:50 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: REZA RUNDITA APRILIENA, REZA RUNDITA APRILIENA title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 3PURWOREJO ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: KKN, PPL, danmengajar abstract: PraktikPengalamanLapanganmerupakanmatakuliah yang wajibditempuholehsetiapmahasiswakependidikan di UniversitasNegeri Yogyakarta.DalamhaliniPPLdigunakansebagaibekalmahasiswakependidikansebelummenjaditenagapendidik.Dalamkesempatan kali ini, penulismelaksanakanpraktikpengalamanlapangan di SMANegeri3Purworejo. PPL ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik.Kegiatanawaldalam PPL iniadalahobservasikelas, kelas yang diobservasiadalahkelasXIIS 1.Kegiatanobeservasiinibertujuanmemberikanpengalamanawaltentangsituasikelas, kegiatan yang keduaadalahpersiapan, dalampersiapaniniada yang sifatnyaadministratifdanpersiapan yang sifatnya personal.Persiapan yang sifatnyaadministratifberupakonsultasidalampenyusunan RPP yang terkaitdenganmateri, metode, dan media yang akandigunakan, sedangkan yang sifatnya personal adalahmempersiapkanfisikdan mental. IntikegiatanPPLiniterdiridariduayaitupraktikmengajardanmembuatadministrasinya. Dalam kegiatan PPL di SMA Negeri 3Purworejo, penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar di kelas X MIA 1, X IIS 1, XI MIA 1, XI MIA 3, dan XI IIS 2. Dalam pelaksanaan praktik pengalaman lapangan menggunakan media power point dan rekamansedangkan metode atau strategi pembelajaran yang digunakan berupaperformance, diskusi, tanya jawab, permainan dan kuis. Dalam pelaksanaan PPL yang berupa praktik mengajar, situasi pembelajaran secara umum dapat terkendali, interaksi belajar mengajar dapat terkondisikan, akan tetapi masih ada beberapa permasalahan yang dihadapi pada saat pelaksanaan PPL.Sepertikurangnyafasilitas media pembelajaranberupa LCD Proyektor (Liquid Crystal Display Proyektor) padasemuakelas selain itu dalam proses pembelajaran masih sangat rendah tingkat pertisipasi dari siswa selama proses pembelajaran sehingga tak jarang ada beberapa siswa yang sulit untuk dikondisikan dalam pembelajaran di kelas. Untuk itu sangat diperlukan peranan praktikan dalammengatasi berbagai permasalahan tersebut, antara lain dengan mempersiapkan metode dan media pembelajaran yang menarik sehingga membangkitkan ketertarikan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. date: 2014 date_type: published publication: LAPORAN PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: REZA RUNDITA APRILIENA, REZA RUNDITA APRILIENA (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 3PURWOREJO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/41007/1/COVER%20reza.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/41007/2/HALAMAN%20PENGESAHAN%20dan%20abstrak.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/41007/3/ISI%20FIX.pdf