TY - THES ID - UNY40992 KW - e-learning KW - moodle KW - efektivitas KW - teks anekdot Y1 - 2016/08/31/ A1 - Munandar, Abdul Haris PB - UNY TI - Pengembangan E-learning Berbasis Moodle untuk Meningkatkan Pemahaman Isi Teks Anekdot pada Siswa SMA Kelas X AV - public M1 - tesis N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan e-learning berbasis Moodle untuk meningkatkan pemahaman isi teks anekdot pada siswa SMA Kelas X; (2) mengetahui kelayakan e-learning; (3) mengetahui efektivitas pembelajaran Bahasa Indonesia setelah menggunakan e-learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian, dan pengembangan (R&D). Pengembangan produk e-learning dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Moodle (Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan yang diadaptasikan dari model Alessi, dan Trollip. Prosedur pengembangan meliputi tahap perencanaan, desain, dan pengembangan. Pada tahap perencanaan, desain, dan pengembangan dilakukan ongoing evaluation sampai menjadi produk awal. Setelah produk awal jadi dilakukan tes alfa oleh ahli materi, dan media untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan. Tahap berikutnya dilakukan tes beta yang dilakukan oleh tiga orang siswa yang mewakili kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Setelah tes beta, dilanjutkan dengan penggunaan produk pada proses pembelajaran pada kelas X MIPA 1/3 yang berjumlah 32 siswa di SMA Negeri 1 Godean. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) produk e-learning berbasis Moodle untuk meningkatkan pemahaman isi teks anekdot pada siswa SMA Kelas X dihasilkan sesuai dengan model pengembangan Alessi dan Trollip (2001) melalui tiga tahap, yakni perencanaan, perancangan, dan pengembangan; (2) produk e- learning berbasis Moodle untuk meningkatkan pemahaman isi teks anekdot pada siswa SMA kelas X dinyatakan layak digunakan dalan proses pembelajaran ditinjau dari media, materi, dan penilaian siswa; (3) Produk e-learning yang dikembangkan menggunakan aplikasi Moodle dinilai efektif karena dapat meningkatkan pemahaman isi teks anekdot. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai pretest dengan rata-rata 66,88, dan nilai posttest dengan rata-rata nilai 93,63. Porsentase ketuntasan belajar siswa 100% (32 siswa). Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa e-learning yang dikembangkan layak, dan efektif digunakan dalam pembelajaran khususnya pada materi teks anekdot. UR - http://eprints.uny.ac.id/40992/ ER -