TY - THES Y1 - 2016/08/31/ KW - pengembangan moral KW - lokalisasi ID - UNY40984 AV - public A1 - Syafe?i, Muhammad PB - UNY TI - Pengembangan Moral Anak-Anak dilingkungan Lokalisasi Pasar Kembang TK PKK Sosrowijayan Yogyakarta N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengungkapkan pengembangan moral anak TK PKK Sosrowijayan Yogyakarta, dan (2) mengungkapkan perkembangan moral anak TK PKK Sosrowijayan Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru, dan anak didik TK PKK Sosrowijayan Yogyakarta. Data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif secara interaktif diantaranya pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan moral TK PKK Sosrowijayan mencangkup aspek pendidik, materi, metode dan evaluasi.Pendidik sudah dapat menjadi teladan bagi siswa. Materi yang dikembangakan di TK Sosrowijayan mengacu pada Permendiknas No 58 Tahun 2009. Metode pengembangan moral menggunakan metode pembiasaan, metode bercerita, metode keteladanan, dan metode bernyanyi. Evaluasi yangdigunakan kurang optimal. Meskipun evaluasi yang dilakukan sudah memenuhi prinsip evaluasi namun pada kenyataannya evaluasi yang dilakukan guru tidak menggunakan lembar observasi atau hanya mengandalkan ingatan guru. Perkembangan moral anak sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Meskipun lokasi TK PKK Sosrowijayan terletak ditengah-tengah lokalisasi, sebagian besar perkembangan moral anak sesuai dengan tahapan perkembangan. Faktor yang menyebabkan perkembangan moral anak sesuai dengan tahapan,yang meliputi: (a) anak TK PKK Sosrowijayan Yogyakarta sebagian besar tidak bertempat tinggal dilokalisasi; (b) pihak RW menetapkan peraturan selama jam sekolah para PSK dilarang beroperasi; (c) pihak TK PKK Sosrowijayan Yogyakarta tidak boleh bermain di luar halam sekolahan M1 - tesis UR - http://eprints.uny.ac.id/40984/ ER -