%X Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas teknik jarikmatika anatara bilangan 6 sampai 10 yang diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan mempermudah guru dalam menyampaikan materi perkalian demi menciptakan suasan belajar yang menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis Penelitian tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaborasi antara guru dan peneliti. PTK terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian SD Blunyahan I Bantul dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas III. Data dikumpulkan melalui pretes dan postes, observasi dan angket. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya meningkatkan kecepatan berhitung perkalian 6 sampai 10 dengan menerapkan metode jarimatika dilakukan dengan membagi tindakan kelas terdiri atas 2 siklus. Waktu tercepat siklus 1 yaitu 36 detik untuk mengerjakan satu soal perkalian. Waktu rata-rata untuk menyelesaikan satu soal perkalian yaitu 45,75 detik. Waktu tercepat pada siklus 2 yaitu 1,5 menit atau 90 detik untuk menyelesaikan 20 soal perkalian 6-10. Artinya, dibutuhkan waktu 4,5 detik untuk menyelesaikan satu soal. Pada siklus 2 nilai rata-rata meningkat menjadi 83,6 dan seluruh siswa (100%) telah mencapai KKM. %A Beny Yonas Septiyawili %L UNY40980 %I Universitas Negeri Yogyakarta %D 2016 %T PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA DALAM MENINGKATKAN KECEPATAN BERHITUNG PERKALIAN BILANGAN 6 SAMPAI 10 UNTUK SISWA SD KELAS 3 DI SD BLUNYAHAN I BANTUL YOGYAKARTA