TY - THES A1 - Asni, Tafrikhatin PB - fakultas Teknik N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah pencapaian hasil belajar siswa aspek kognitif yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan kontekstual lebih baik daripada model konvensional pada pemasangan instalasi tenaga listrik, (2) apakah pencapaian hasil belajar siswa aspek afektif yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan kontekstual lebih baik daripada model konvensional pada pemasangan instalasi tenaga listrik, dan (3) apakah pencapaian hasil belajar siswa aspek psikomotor yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan kontekstual lebih baik daripada model konvensional pada pemasangan instalasi tenaga listrik. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian TITL SMK Negeri 2 Yogyakarta. Jumlah populasi sebanyak 121 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 60 siswa. Kelas XI TITL 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TITL 3 sebagai kelas kontrol. Teknik Pengambilan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) pencapaian hasil belajar siswa aspek kognitif yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan kontekstual lebih baik daripada model konvensional pada pemasangan instalasi tenaga listrik (thitung= 3,929 > ttabel 2,000; sig=0,000), nilai rata-rata kognitif kelas kontrol Y1 - 2016/08/31/ UR - http://eprints.uny.ac.id/40969/ ID - UNY40969 M1 - skripsi AV - public TI - PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PEMASANGAN INSTALASI TENAGA LISTRIK SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL ER -